Minggu, 19 Maret 2017

Dapat Kiriman Hadiah dari Luar Negeri Kena Pajak Gede? Kenali Jasa Pengiriman, Mekanisme Penyelesaian serta Perhitungan Pajaknya!

Sumpah gak nyangka ternyata post aku masih rame bangattt.. untuk kasus teman2 di bawah perlu digarisbawahi bahwa PIHAK BEA CUKAI TIDAK AKAN MENGHUBUNGI KALIAN DARI NOMOR PRIBADINYA! kalo ada yang dihubungi nomor pribadi untuk minta sejumlah uang sudah pasti 99.9999% itu adalah penipuan. Laporkan nomor/orang tersebut ke bea cukai untuk ditelusuri yaa!! Kalau ada pertanyaan lain saran saya dengan mudahnya teknologi saat ini, teman2 bisa tanya2 di ig dan Twitter resmi bea cukai. Telepon ke call center juga bolehhhh. Atau mau hubungi kantor bea cukai terdekat juga bisa.

Disclaimer !! Peraturan yang aku post dibawah ini udah berubah. Secara konsep sebenarnya sama hanya ada perubahan di beberapa aspek seperti nilai minimum pembebasan dan beberapa hal lainnya. Peraturan tentang barang kiriman pos diperbarui secara berkala sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi. Rajin-rajin update peraturannya ya!!! Kalian bisa update peraturan terbaru di www.sjdih.depkeu.go.id/ . Atau kalian juga bisa menghubungi call center dan kanal media sosial resmi bea cukai di Instagram atau Twitter untuk informasi yang lebih interaktif.

Ini adalah essay yang gw buat pas masih jadi anak kuliahan. sekitar tahun 2014/2015. Ngubek-ngubek komputer ternyata ada tulisan yang bermanfaat buat kalian yang doyan olshop pake jasa pengiriman luar negeri atau dapet kiriman dari bapak ibuk sodara di negeri seberang! denger-denger dari peraturan terbaru, batas FOB naik jadi USD 100 apa USD 150 gitu. Tapi kalo melebihi itu, bakal dapet pajak maksimal hiyyy.. Mahal dong? Makanya beli produk dalam negeri aja!
 .
 .
 .
Tok tok tok… Pak pos datang bawa paket. Wah paket dari saudara yang ada di luar negeri nih. Tapi, kok suruh bayar? Kena pajak cukai katanya.Wah kena banyak banget. Pak pos pasti salah nih!

Banyak pengguna jasa mendapatkan barang hadiah dari orang terdekatnya yang berdomisili di luar negeri.Jenis barangnya bermacam-macam, mulai dari tas, baju, barang elektronik atau barang lainnya. Dari berbagai sumber di internet, banyak keluhan dari pengguna jasa mengenai barang pos yang seharusnya mereka terima. Mulai dari ketidaktahuan bahwa barang kiriman pos mengharuskan mereka untuk membayar sejumlah uang, pajak yang dibebankan menurut mereka terlalu tinggi dan tidak rasional, proses yang rumit untuk mengurus izin barang kiriman terkait larangan dan pembatasan, barang-barang yang telah sampai dalam keadaan tidak terkemas secara baik dan banyak pula kasus yang menyebutkan bahwa barang-barang kiriman tersebut tertahan di bea cukai sehingga tidak segera sampai ke mereka.

Banyak juga forum-forum diskusi seperti kaskus.co.id yang membahas mengenai problema barang kiriman ini. Tanggapan dari pengguna forum diskusi ini adalah ketidaktahuan mereka tentang darimana besarnya pajak itu berasal dan akhirnya mereka berasumsi bahwa bea cukai yang semena-mena menetapkannya.Ada juga beberapa blog yang membahas mengenaipengalaman menerima barang hadiah dari luar negeri, seperti pursuingmydreams.com dengan postingan blog nya yang berjudul Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?Selain menceritakan pengalaman pemilik blog mengenai barang kiriman yang merupakan barang hadiah dari teman dekatnya di luar negeri, postingan ini juga diramaikan komentar yang cenderung memojokkan bea cukai terkait adanya pajak yang harus mereka bayarkan.
Banyaknya kasus tersebut membuktikan bahwa pemahaman masyarakat mengenai mekanisme serta adanya pajak yang dibebankan terhadap barang kiriman dari luar negeri masih sedikit.Masyarakat yang beranggapan bahwa dengan status barang tersebut yang merupakan barang hadiah, maka mereka hanya perlu menerima saja seperti saat menerima barang hadiah dari dalam negeri. Oleh karenanya, disini akan dibahas mengenai tata cara, pengenaan bea masuk serta ketentuan-ketentuan terkait barang kiriman dari luar negeri berdasarkan sumber hukum peraturan perundang-undangan Indonesia.
Jadi, apa sih yang dimaksud dengan barang kiriman? Menurut Peraturan Menteri KeuanganNomor 188 tahun 2010, barang kiriman adalah barang impor  yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri. Karena termasuk barang impor, maka terhadap barang kiriman dipungut bea masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor).
Barang kiriman dapat masuk ke Indonesia melalui beberapa cara yakni melalui pos Indonesia yang disebut sebagai EMS (Express Mail Service) atau menggunakan perusahaan jasa titipan (PJT) seperti DHL, UPS, FedEX, dan TNT.
Tatacara pengiriman barang melalui EMS dijelaskan secara rinci dalam Surat Edaran Nomor SE-21/BC/2000, Nomor 36/Dirutpos/2000 Tentang Tatacara Penyelesaian Barang Impor atau Ekspor yang Dikirim Melalui Pos dengan Menggunakan Jasa Express Mail Service (EMS).Sedangkan peraturan tentang PJT dimuat di Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-05/BC/2006 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Barang Impor Barang Kiriman Melalui Perusahaan Jasa Titipan.
Namun, pada dasarnya ketentuan yang digunakan dalam perhitungan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) hampir sama, yakni untuk barang dengan nilai dibawah FOB USD 50 akan diberikan pembebasan.Maksudnya, jika ada barang kiriman dari luar negeri yang harganya dibawah USD 50, maka penerima barang perlu membayarbea masuk dan PDRI. Contohnya, seorang pengguna jasa mendapat barang kiriman dari luar negeri seharga USD 45, maka terhadap barang itu, pengguna jasa tidak akan mendapat pembebanan bea masuk dan PDRI. Namun jika harga barang tersebut melebihi FOB USD 50, maka atas kelebihannya akan dikenakan bea masuk dan PDRI.Dasar perhitungan untuk pungutan negaranya (bea masuk dan PDRI) akan dihitung dari nilai CIF (harga barang ditambah asuransi dan biaya pengiriman) dikurangi dengan nilai pembatasan sebesar USD 50. Dalam hal barang kiriman yang dikirim berjumlah tiga atau lebih, maka harga barang yang digunakan sebagai perhitungan bea masuk dan PDRI adalah barang dengan harga tertinggi.
Barang kiriman juga ada yang dibebaskan bea masuk dan PDRI-nya, yaitu barang yang merupakan barang hadiah yang diberikan untuk tujuan ibadah umum, amal, sosial, dan kebudayaan dengan menyertakan surat keterangan dan rekomendasi dari instansi terkait.Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.011/2011 Tentang Perubahan Kelima atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 144/KMK.05/1997 Tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Barang Impor Barang Kiriman Hadiah Untuk Keperluan Ibadah Umum, Amal, Sosial, dan Kebudayaan.
Sedangkan pembebasan yang diberikan untuk BKC (Barang Kena Cukai) adalah untuk  350 ml MMEA, 40 batang sigaret, 10 batang cerutu, dan 40 gram tembakau iris (TIS).
Barang masuk melalui EMS maupun PJT nantinya akan diperiksa secara dokumen maupun fisik oleh pihak bea cukai disaksikan pihak pos atau pihak dari PJT.Pemeriksaan fisik ini berfungsi untuk mencocokkan data yang telah ada (dokumen PP22A) dengan kondisi barang sesungguhnya. Hasil dari pemeriksaan fisik akan dituangkan ke dalam dokumen PP22B.  Pemeriksaan fisik dilakukan dengan membuka paket kiriman pos, oleh karenanya, barang yang telah selesai diperiksa oleh bea cukai akan dikemas ulang oleh pihak pos atau PJT sebelum didistribusikan ke penerima barang. Karena barang dikemas ulang, maka penerima barang nantinya akan dikenai biaya pengemasan oleh jasa pengiriman barang. Dari hasil pemeriksaan fisik dan dokumen, pihak bea cukai akan menentukan klasifikasi serta pembebanan bea masuk dan PDRI yang dikenakan terhadap barang tersebut dengan metode official assessment.
Bagaimana cara pengklasifikasian dan penetapan bea masuk dan PDRI oleh bea cukai? Sebelumnya, saat orang di luar negeri akan mengirimkan barang ke dalam negeri, orang tersebut diminta untukmengisi berapa nilai atau harga barang tersebut sebagai dasar untuk menghitung pungutan yang harus dibebankan, bisa juga dengan mencantumkan invoice atas barang tersebut. Namun, untuk beberapa kasus yang barang kirimannya tidak mencantumkan harga, pihak bea cukai akan menetapkan harga dasar perhitungan bea masuk dan PDRI melalui berbagai metode, diantaranya adalah mencari tahu harga barang sejenis di Negara asal, atau bisa juga dengan pertimbangan harga barang yang serupa.
Untuk barang-barang tertentu yang termasuk barang ketentuan larangan dan pembatasan, maka barang tersebut wajib memenuhi beberapa persyaratan tambahan yakni izin dari instansi terkait. Contohnya,telepon seluler atau telepon genggam yang dikirim melebihi 2 unit harus mendapatkan izin sebagai importir terdaftar dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) karena dicurigai barang tersebut nantinya akan diperdagangkan. Untuk lebih jelasnya mengenai barang larangan dan pembatasan, telah ada portal INSW (Indonesia National Single Window).Pengguna jasa bisa mengecek apakah barang yang akan dikirim merupakan barang yang dilarang atau dibatasi melalui portal INSW tersebut. Jika penerima barang tidak mendapatkan izin dari instansi terkait, dia bisa mengajukan reekspor atas barangnya tersebut dengan memohon surat pernyataan tanpa dipungut biaya.
Barang kiriman yang telah diperiksa dan mendapat persetujuan oleh bea cukai akan dituangkan dalam dokumen PPKP (Pencacahan dan Pembeaan Kiriman Pos); setelah mendapatkan PPKP, barangbaru boleh dikeluarkan. Proses selanjutnyayang berhubungan dengan posisi dan keadaan barangakanmenjadi tanggung jawab pihak pos maupun PJT sampai barang tersebutdidistribusikan ke penerima barang.
Salah satu perbedaan antara penggunaan EMS dan PJT adalah biaya administrasi yang diberikan.Banyak komentar-komentar negatif dari forum-forum diskusi internet yang mengeluhkan tingginya biaya yang harus mereka keluarkan untuk menerima barang yang merupakan kiriman dari luar negeri.Faktor pembentuk pajak yang dibebankan kepada mereka salah satunya adalah biaya administrasi oleh perusahaan jasa pengiriman. Untuk EMS sendiri, biaya yang dibebankan bisa saja hanya berkisar antar lima ribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah sudah termasuk biaya pengemasan ulang, jika barang tersebut terkena pembebasan bea masuk (FOB kurang dari USD 50). Namun, untuk PJT, biaya administrasinya akan jauh lebih besar, seperti yang dituliskan oleh Valentinus Kristiawan di laman kompasiana 2014 lalu, yaitu meliputi Handling Fee (2% dari pungutan Negara), document fee ( Rp. 20.000,00), bank charge (Rp. 50.000,00), sewa gudang (Rp. 980/kg/hari) dan PPn dari ketiga biaya tersebut sebesar 10%.
Jika penerima barang merasa keberatan untuk membayar bea masuk dan PDRI yang dibebankan atau tidak sanggup untuk membayarnya, penerima barang bisa saja menolak barang tersebut dan meminta untuk di reekspor.
Penerima barang juga bisa mengajukan keberatan atas penetapan bea masuk dan PDRI yang dibebankan apabila menurutnya tidak sesuai, dengan mengajukan keberatan melalui kantor pos terdekat dengan melampirkan surat permohonan dan alasan-alasan berupa bukti yang mendukung sehingga pihak bea cukai bisa melakukan penetapan ulang.Namun, keberatan hanya bisa diajukan jika barang dikirim melalui EMS PT. Pos Indonesia.Apabila menggunakan PJT, keberatan tidak bisa diajukan karena pada Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-05/BC/2006 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Barang Impor Barang Kiriman Melalui Perusahaan Jasa Titipan pasal 5 angka 6 disebutkan bahwa penetapan pejabat bea cukai sudah bersifat final.
Dengan era teknologi yang semakin canggih, pengguna jasa atau penerima barang bisa mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkannya untuk membayar pungutan Negara tanpa harus mendatangi pihak kantor pos terlebih dahulu. Pengguna jasa cukup mengakses laman kalkulator di situs resmi milikKPPBC TMP Tanjung Emas dengan memasukkan beberapa informasi terkait harga barang, asuransi, dan biaya pengiriman dengan aplikasi kalkulator yang disediakan (http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator/). Aplikasi tersebut mempermudah pengguna jasa dan memperkecil komplain yang akan diajukan terkait pengenaan bea masuk dan PDRI atas barang yang diterimanya.
Dari uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa banyaknya keluhan serta komplain atas kinerja bea cukai dalam hal barang kiriman pos dari luar negeri oleh masyarakat dikarenakan ketidaktahuan masyarakat mengenai peraturan, mekanisme serta kebijakan mengenai adanya pembebanan bea masuk dan PDRI sebagai pungutan Negara. Barang kiriman pos dibebani pungutan Negara karena sifat barang tersebut dikategorikan sebagai barang impor. Besarnya nilai yang harus dibayarkan pengguna jasa yang merupakan penerima barang juga akan beragam tergantung jasa pengiriman apa yang mereka gunakan, jenis barang dan  harga barang yang dikirimkan. Maka dari itu, untuk meminimalkan adanya kesalahpahaman, perlu dilakukan sosialisasi yang efektif namun bisa menyebarkan informasi terkait barang kiriman pos ini ke masyarakat luas. Pihak bea cukai juga harus memberikan pengertian apabila ada pengguna jasa yang tidak mengerti dan menjelaskan secara baik.
Dengan adanya aplikasi penghitung nilai pabean atas barang kiriman pos yang telah disebutkan pada pembahasan diatas, itu merupakan langkah yang positif yang mempermudah pengguna jasa untuk mengetahui berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dan sebagai upaya transparasi pihak bea cukai atas pengenaan pungutan Negara ini. Untuk kedepannya, diharapkan pihak bea cukai membuat sistem aplikasi serupa yang memudahkan pengguna jasa terkait hal-hal yang berhubungan dengan kasus barang kiriman ini sehingga tidak terjadi kesalahpahaman lagi. Pembaharuan layanan berbasis IT perlu dilakukan karena pada jaman sekarang, teknologi telah berkembang pesat dan masyarakat luas bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, sserta informasi bisa disebarkan dengan cepat pula.



Daftar Pustaka :
http://archive.kaskus.co.id/thread/2652639. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2015.
http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator/. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2015
Bea Cukai Soetta.Barang Kiriman atau Paket yang Dikirim Melalui Pos dengan EMS (Express Mail Service). http://bcsoetta.net/v2/page/melalui-pos-ems. Diakses pada tanggal3 Agustus 2015.
Keputusan Bersama Direktur Jenderal Bea dan Cukai dengan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Nomor Kep-34/BC/2000, Nomor 41/Dirjen/2000 Tentang Penyelesaian Barang Impor atau Barang Ekspor yang Dikirim Melalui Pos.
KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru.Penting Diketahui : Informasi Proses Lalu Bea terhadap Barang Kiriman Pos. http://www.beacukaipasarbaru.com/statis/8/penting. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2015.
KPPBC TMP Tanjung Emas.2014, Tentang Lartas, Kategori, dan Pembebanannya. http://bctemas.beacukai.go.id/faq/tentang-lartas-kategori-dan-perijinannya/. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2015.
Kristiawan, Valentinus. 2014. Biaya-Biaya yang Dikenakan pada Barang Kiriman dari Luar Negeri. http://www.kompasiana.com/vkristiawan/biaya-biaya-yang-dikenakan-pada-barang-kiriman-dari-luar-negeri_54f688b6a333116a7d8b4ef0. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2015.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.04/2010 Tentang Tata Cara Pembebasan Cukai.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 Tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, dan Barang Kiriman.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.011/2011 Tentang Perubahan Kelima atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 144/KMK.05/1997 Tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Barang Impor Barang Kiriman Hadiah Untuk Keperluan Ibadah Umum, Amal, Sosial, dan Kebudayaan.
Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-05/BC/2006 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Barang Impor Barang Kiriman Melalui Perusahaan Jasa Titipan.
Surat Edaran Nomor SE-21/BC/2000, Nomor 36/Dirutpos/2000 Tentang Tatacara Penyelesaian Barang Impor atau Ekspor yang Dikirim Melalui Pos dengan Menggunakan Jasa Express Mail Service (EMS).
Silaen, Emaknya Benjamin br. 2013.Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau Tidak? http://pursuingmydreams.com. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2015.
Wijanarko, Sigit. 2014.Barang Kiriman dari Luar Negeri Tertahan di Bea dan Cukai? http://www.kompasiana.com. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2015.

241 komentar:

  1. Intinya begini, saya mendapat hadiah dari salah satu brand terkenal di USA, seharga $1000, jika saya diminta untuk membayar cukai, dan saya tidak mampu membeli, apakah bisa saya tidak usah saja menerima barang tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mampu membayar beacukai maksud saya

      Hapus
    2. Bisa sis, hubungi kantor pos tempat anda menerima barang. Langsung ke bagian bea cukainya ya sis.

      Hapus
    3. saya terima hadiah, tapi ga mampu bayar bea cukainya, ga akan dikirim kn ya barangnya..??
      mohon bantuannya donk..

      Hapus
    4. Saya dapat paket dari USA ,pcar saya yg mengirimnya...tapi apa bnar hrus byr pajak..dan besar sekali administrasinya..kalau saya tak mampu membyar bagaimana...??mohon tolong jawabannya trims

      Hapus
    5. Bayar mbak...
      Hari ini saya bary dapet paket dari temen saya di USA, kena charge 343k..
      Katanya itu pajak bea cukain

      Hapus
    6. Mbak, mohon bantuannya saya dapat paket dari teman dumay saya dari Inggris padahal baru kenal dan dia udah beliin hp, laptop, dll. Selang 3 hari saya dapat email A/n Mr. Chan Anderson. Di situ teman dumay saya nyuruh ikutin prosedur sampe alamat rekening si perusahaan itu ngasih no rek. Nah, si Mr. Anderson ini bilang barangnya lagi ditangguhkan di Malaysia saya harus bayar 23jt lalu saya mohon sama teman saya agar dibantu untuk pembiayaannya tapi dia maksa aku yg bayar, bagi saya uang segitu banyak banget saya ga mampu bayar, lalu tbtb dia bilang bayar 10jt dulu aja biar barangnya disimpen aman. Oh iya akun banknya pake BNI A/n pribadi. Lalu teman dumay saya bilang perusahaannya itu mau pake FBI buat tahan saya. Itu penipuan bukan ya

      Hapus
    7. Itu penipuan mbak, Awas hati hati, banyak orang luar Kaya gitu. Udah lebih baik Blok aja mereka, mereka itu scammer.

      Hapus
    8. Saya sekarang mengalami ini mb,sama persis,pihak jakarta menelpon sya ada kiriman dari UK dan saya harus membayar pajak 36juta,biar bisa dikirim skrg barangnya

      Hapus
    9. Saya mendpaat hadiah dari pacar saya di united states tapi saya harus bayar 18jt,agar bisa di kirim barang nya tapi aku gak mampu bayar

      Hapus
    10. Sama aku jg baru saja ak dapat kiriman barang dari LN. Aku ditelpon pihak ekspedisi indo dan katanya aku hrs bayar pajak 8juta. Uang dari mana coba. Dan teman saya dari LN itu jg maksa aku bayar pajaknya sampe suruh aku pinjem2 uang dlu. Tp mo gmn LG lawong bnr2 aku GK PNY uang. Trus itu gmn ya kl ak GK byr pajak nya, barangnya GK akan dikirim ke aku kan. GK masalah sih yg penting ak GK kluar uang berjuta2. Dan aku curiga ini penipuan. GK tau yg menipu si bule nya ato pihak ekspedisi. Please ada yg bs menjelaskan ini???

      Hapus
    11. Sama seperti yg saya alami saat ini bak. Sama banget

      Hapus
    12. Saya juga baru aj dpt kiriman dr london isi'a ad hp, tas jam tangan parfum dan beberapa set perhiasan, saya d telp dr pihak bandara kata'a dan saya d hrskn bayar pajak 7jt, dan s srh paksa bayar pajak sm si teman dumay saya itu, sampai srh pinjam2 uang, saya curiga ini penipuan atau tidak ya mba, tolong bantu jelaskn..

      Hapus
    13. Maaf mbak saya juga mau tanya dong,saya dapat kiriman dri pacar saya di inggris,dia ngirim hp,kalung,parfum,jg cincin buat tanda pengikat karena blm bs ke indo krna pandemi...kira2 thu jg bakal kena pajak gak...mohon bimbingan nya yg tau

      Hapus
    14. Sepertinya benar itu penupian, baru saja saya ditelpon dri pihak penerima barang di bali, saya disuruh bayar 9juta untuk biaya cukai, padahal saya baru kenal dengan orang luar negri, dia memberikan saya hadiah berupa hp, laptop, pakian dll. Tolong penjelasannya dgn hal ini

      Hapus
  2. Gan, seller ngirim barang hadiah seharga $150, pas sampe indo kena pajak ga? *barangnya headset

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smua barang diatas $50 pasti kena pajak bro...malah kadang barang udh ad di bea cukai tp sampe ke kita bs berminggu2...

      Hapus
    2. Hai ka angga dan ka sid. Menurut PMK nomor 182/PMK.04/2016 batas nya skrg sudah $100 sesuai kurs saat barang masuk ya. Di atas itu akan dikenakan pembeaan. Jangan lupa cantumkan NPWP saat mengirim barangnya ya ka.

      Hapus
    3. sy krm dr l.n tgl 4 maret & 13 maret sampi skr blmm diterima

      Hapus
    4. Mau minta tolong jawab nya
      Saya dapat kiriman dr london tapi harus kena pajak kata nya bayar sebesar 6 juta sampe suruh minjem kesana kemari apakah ini benar apa penipuan? Kenapa harus sebesar itu bayar nya

      Hapus
  3. Kalau harga barangnya diatas $100 kena pajak, kecuali harga barangya $100 dan shipping costnyq $50 baru tdk kena pajak. Berdasarkan pengalaman pribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih share pengalamannha ka apram ����

      Hapus
    2. Kaka aku mau tanya nih aku baru prtma mnrma barng dr luar negeri dari amerika new york hadiah dari teman ke negaraku indonesia tapi didlm pktannya berat dan ada laptop dan hv dll.pengiriman tiga hari sudah sampai di indonesia namun ada kurir dari jasa internasional jakarta chat aku mmbri tahu bhwa brng sudah sampai namun kurir nya meminta aku membayar biaya ijin sebanyak 17 juta kata nya setelah membayar barang ku akan segera dikirim.apa itu penipuan.sdngkan saya membaca bahwa jika lbh dr $50 usd akan diknkn biaya sesuai prtran indonesia.tapi saat saya bertanya kepada kurir dimana alamat lengkap kantormu?dia tidak menjawab dan kurir itu mengchat saya menggunakan bahasa inggris.apa jika saya tidak bayar yang dikatakan kurir itu barang hadiah dari teman saya akan sampai kerumah saya atau tidak?dan saya harus pergi kemana kekantor apa jika saya tidak mendapatkan barang saya?

      Hapus
    3. https://www.exppoin.com/2017/09/bahaya-penipuan-kiriman-paket-dari-luar.html?m=1

      Hapus
    4. Ya ini juga saya ditipu disuruh bYar 15jt lebh.dikata uang kek hujan -_-

      Hapus
    5. sama persis, saya jg dapet chat harus byar 17jt. Tp transfer melalui rekening pmbyranny. Saya bingung.
      Dalm paket kiriman saya ad hp 2, baju, sepatu, sm kalung. Ini kira" penipuan atau apa ya, kok ya mahal sekali byar hingga 17jt

      Hapus
    6. Ini sama persis yg aku rasain sekarang. Apa ini benar benar penipuan? Sekrang saya terlilit hutang karena sudah setor ke perusahaan pengiriman sebanyak 10juta. Dan pihak kantor pengiriman sudah janji jika saya bayar setengah dr 17juta barang akan dikirim. Tapi sampe detik ini tidak dikirim dengan alasan tidak ada kurir yg antar,dan ada kesalahan sistem. Dan saya juga tanya alamat kantor mereka malah bilang itu privasi. Lalu saya harus gimana sekrang supaya barang itu sampe tanpa harus bayar sisanya?

      Hapus
    7. Ih ko aku juga sama yaa disuruh bayar 17 juta lima ratus, terus dia chat nya pake bahasa inggris, dia tidak akan mengirim jika kita tidak membayar biayanya, ini penipuan atau tidak ? Soalnya aku minta alamat kantornya dia tidak merespon

      Hapus
    8. Ko aku juga sama ya ka
      Terus dtipu gak

      Hapus
    9. Ini bisa sama persis kayak saya,saya dpt kiriman barang dari luar negri,isinya macem2 mulai dari laptop,hp,tas sepatu,dll,dari pihak kargonya TLP minta biaya dokumen sebesar 16 juta,eh ga lama bs turun 7 juta,bayar via transfer,ini penipuan juga?mohon penjelasannya dong

      Hapus
    10. Saya juga punya kasus yang sama. Saya dititipi teman dari luar negri. Katanya itu barang berharga milik dia (sertifikat rumah,perhiasan,dll). Lalu jasa pengiriman barang di sana mengatakan saya harus membayar biaya pengiriman sebanyak 21 juta lebih.sampai sekarang saya belum membayarnya karena takut dan tidak punya uang sebanyak itu. Apakah itu termasuk penipuan? Lalu apa yang harus saya lakukan. Mohon petunjuk. Terima kasih

      Hapus
    11. Saya juga
      Waktu hari jum'at dkirimi paket dr luar negri trus smpai djakarta pada hari itu juga ... q dtlpon dri pihak agen katax harus bayar 3.500.000
      Apakah itu penipuan?bagaimana cara mengecek apakah paketx memang sudah smpai djakarta atau blm... takutx nanti hbs dtf malah barangx g sampai

      Hapus
    12. Saya juga dpt paket temen dr luar negri katanya paket sdh sampe di indonesia tp tertahan dibandara ngurah rai krn brg yg dikirim barang2 mewah. Dan pihak bandara minta pajak bea dan cukai senilai 10.5jt dan hrs ditransfr ke rek bukopin tp atas nama pribadi. Dr situ saya curiga katanya paling lambat hrs dibyr keesokan paginya. Dan yg sy heran lg sipenelpon bilang kasian misternya kl lama2 disini dia mau tdr dimana. Lhoo sy tmbh bingung td yg dikrimkan paket tp knp trs ada misternya ikut juga dan mau tdr dimana. Walaaah...ternyata bner nih penipuan berkedok. Begitu buka gogle bener kan byk penipuan model gini. Alhamdulillah blm transfr yg mreka minta. Dan sipenelpon td sy telpon kembali berkali2 tdk bs telo dialihkan terus. Kalian hrs hati2 ya guys hari gini byk deh orang tipu2 dgn kedok macem2. Waspada yaaa....

      Hapus
    13. Iya nih,hr ini tmn dumay sy dr kanada krm hadiah tas sm parfum.sy blg kl hrs byr bea cukai sy g mau.ktanya ga.trs sy ksh almt sy.dia bsknya krm bkti pgiriman brg.tp anehnya kok dibkti pgriman knp beratnya 115kg?sdgkn cm tas,klung dan parfum.sy tkt ini pnipuan.tp dia blm telp utk srh trfer.tlg dong ap yg hrs sy lkukkn kl dia mmnta uang?

      Hapus
    14. Saya Juga sama apa jangan2 dengan orang yang sama saya di suruh bayar 5 jt tapi saya gk mau dan dia ngomong lewat WA buka dari email resmi otomatis aku mikir ini gk bener dan gk ada UUD peraturan gitu akhirnya aku gk peduli terserah mau dikirim apa gk aku gk peduli dan gk bakal bayar minta kartu karywan terus websitenya terus VCALL dia gk mau hadeh udah ketwan nih cuma morotin

      Hapus
    15. Saya ada paket dari polandia dan udah sampe katanya di bandara Bali dan saya disuruh melakukan pembayaran sebesar 8 jt ? Baru barangnya dikirim ke alamat saya setelah melakukan pembayaran, benarkah ini? Saya minta no.resinya tapi tidak ada, krn pake special delivey..aku benar2 bingung bgt

      Hapus
    16. Sama saya juga dapet kriman dari luarnegri suruh bayar 5 jt, saya tidak mau...... Eh dia nya malah ngancem, gak takut saya...... Cuekin aja dah, kalau nelpon lagi lacak aja nomorny

      Hapus
  4. Seumpama dapet hadiah dari US berupa Pen Tablet dengan harga $800 kira2 pajak yang dibayarkan berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ka adit. Coba ka adit instal apk CEISA Mobile di playstore. Apk tersebut bisa utk hitung biaya yang ka adit bayarkan atas barang kiriman tsb.

      Hapus
    2. Assalamualikum mba,saya juga sama baru2 dpt krmn dari teman bule saya,dia ngirimi aku barang2 mahal seperti perhiasan hp tas sepatu dan juga leptob tetapi kenapa ya,brgnya sdh tiba di insonesia tapi msh tertahan di pos batam,lantas aku di srh bayar 7 juta rupiah,tapi aku ngga mau ,ambil uang dari mana aku,ngga lama kemudian lantaran bulenya marah brnya ngga si ambil,ahirnya aku di blokir,aku curiga ni mba penipuan itu kayaknya.

      Hapus
  5. Saya ada dapat kiriman barang dari luar negeri dan tadi ditelfon barangnya tertahan dibali saya harus membayar bajak sebesar 10 juta rupiah, sebagai mahasiswa tentu saya tidak memiliki yang sebesar itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang.ny apaan bro sampe kena pajak segitu???
      Kalo ga mampu bayar minta balikin aj barang.ny ke pengirim..

      Hapus
    2. Banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan bea cukai. Jika menemui pihak2 seperti itu langsung saja laporkan ke pihak berwajib ya.

      Eh tapi nilai barangnya brp itu kak?

      Hapus
    3. Iya aku juga gitu aku punya teman di amerika dia mengirimku banyak barang laptop hv sepatu barang sudah sampai di indonesia
      Dengan cepat hanya tiga hari tapi ada kurir indonesia yang mengchat dengan bahasa inggris dan bilang barang akan dikirim jika telah membayar biaya ijin 17 juta stlh krm brng akan sgra dikirim.saat saya tanya dimana alamat kantr pusat dijakarta malah tidak membalas namun chat wa masih aktif tapi setiap ditanya alamat kntr jasa penyimpanan paket saya dijakrta mlah tidak dibales hanya di read oleh kurirnya

      Hapus
    4. Saya juga dapat kiriman dari teman dari jerman disuruh bayar 11 juta baru barang bisa dikirim, dari pihak kurir menggunakan nomor pribadi dan nomor rekening yang dikirim pribadi, apakah ini penipuan?

      Hapus
  6. Kalo 2 botol alkohol gitu biasanya kena bea cukai ga sih gan? Cuma jager meister aja si.. kena gasih

    BalasHapus
  7. Kalo barang itu aslinya harga 400 dollar, tapi kita bilang hrganya cuma 100 dolar, alias bangkai hp gitu, bisa kena bea gk gan? Ini brg hp, batangan aja, dpt hibahan keluarga ...

    BalasHapus
  8. Sy dpt krimian dr US beratnya 11kg, trus skrg msh di dubai,dan d suruh bayar pajak sebelum masuk indonesia, apakah sy harus bayar sebesar $1200

    BalasHapus
  9. Saya nak tanya Saya ada kenal seorang ni Melalui Facebook orang Korea Lah tiba-tiba dia minta alamat saya saya bagi jelah Lepas tu dia kata dia nak hantar hadiah saya cakap dengan dia tak payahlah Lepas tu dia hantar juga bila dah sampai sini tiba-tiba ada orang call dia kata dia suruh saya beli barang tu baru dia akan hantar Dia minta 3000 duit Malaysia kita Lepas tu saya cakap dengan dia saya tak ada duit nak bayar saya cakap macam tu

    BalasHapus
  10. saya mau tanya dong, saya dapet hadiah baju kimono, sendal sama tas dari jepang buat anak saya kira2 harganya sekitar 16.600 yen. tapi kena biaya cukai dan saya harus bayar sebesar 650.000 an lebih dikit.

    BalasHapus
  11. saya mau tanya dong, saya dapet hadiah baju kimono, sendal sama tas dari jepang buat anak saya kira2 harganya sekitar 16.600 yen. tapi kena biaya cukai dan saya harus bayar sebesar 650.000 an lebih dikit.

    BalasHapus
  12. Saya baru kenal sama orang london , dia memberi saya hadiah tas dan di sebuah uang 35.000(600 juta kurang lebih) pounds(KATANYA) , saya di telpon an di suruh bayar 500 us dollar( 7 juta rupiah) dan saya menolak untuk membayar karena tidak punya uang ,dia mengatakan mau konfirmasi kepada si pengirim ..apakah itu penipuan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis yg saya alami ..dari Mr Kelvin morina alias Mr Jhon Mark ..barang kemas bahkan Wang sebanyak $35000dan knak biaya cukai 7jt ....gak logika ya ..Wang segitu di paketin...katanya dah smpe Jakarta ..jelas z AQ blg ..gak mau tertipu ...gileeee

      Hapus
    2. Gak masuk akal bngt,uang 7 juta ditukar dgn 600 juta,wow amazing,ini jelas penipuan

      Hapus
    3. Kakak dan abang, saya nak tanya sedikit, saya 1 minggu ini berkenalan dgn lelaki asal london dia mengaku krja sebagai captain kapal atas nama william/alex, baru kenal saja sudah ingin mengirimi saya hadiah herupa tas dengan alasan ingin merayakan birthday nya , dan dia minta saya utk kirim alamat rumah saya. Saya tanya apakah di kenakan pajak terus dia bilang tidak.
      Mohon sarannya kakak , ini modus penipuan atau tidak ya?

      Hapus
    4. Saya juga sedang mengalaminy.dia trs memaksa tp sy sadar bahwa itu penipuan.dan sy bilang kamu yg byr setelah sy terima paket akan sy kirim uang kamu.😂

      Hapus
  13. Saya baru kenal sama orang london , dia memberi saya hadiah tas dan di sebuah uang 35.000(600 juta kurang lebih) pounds(KATANYA) , saya di telpon an di suruh bayar 500 us dollar( 7 juta rupiah) dan saya menolak untuk membayar karena tidak punya uang ,dia mengatakan mau konfirmasi kepada si pengirim ..apakah itu penipuan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Seperti saya nama bule nya jhon Frank dy kirim uang, mas Dan banyak lagi kmren aku di telfon perempuan kata nya paket saya sudah di batam dan harus transfer 7 juta baru barang akan di kirim ke alamat saya yang aneh si bule ga mau ngasih nomer resi nya

      Hapus
    2. Aku juga sama di tipu sama orang yg sama ka

      Hapus
  14. Jelas itu penipuan...mana ada org baru kenal ngasih hadiah uang sebanyak itu...dikirim pake paket pula..nanti nya si pengirim akan membujuk anda untuk membayar sejumlah uang yang diminta karena mereka berkomplot.

    BalasHapus
  15. temen saya dapat kiriman dari kenalannya di fb yg katanya org amerika, dua hari kemudian dia dapat tlfn katanya barangnya udah di jakarta, nah disuruh bayar 9,8 jt biar barangnya bisa dikirim,
    apakah itu penipuan?

    BalasHapus
  16. Saya juga mengalami itu . saya di suruh membayar 10 juta
    Apakah saya harus membayarnya atau itu adalah penipuan?

    BalasHapus
  17. hallo,
    mau cari info dong, saya belanja online 160 usd ungkir 30usd via postnl, jika saya kena bea masuk saya harus bayar kmn ya? terus saya harus cati kmn barang saya ? ke kantor pos ind kah ?

    BalasHapus
  18. Saya mendapat kiriman uang sebesar 50000ponsd beserta sopwnir dan lainnya beratnya mencapei 18 kg tpi saya d tlp dari pihak beacukai saya harus membayar pajak 10 juta gimna ini..sementara saya tidak mwmpunyai uang untuk menebusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kejadiannya kayak aku.. aku mah bodo amatlah g punya duit soalnya

      Hapus
    2. Sama nih kaya aku
      Aku blok aja nomor nya

      Hapus
  19. Saya dapat kiriman paket dari korea berupa kosmetik. Klu dirupiahkan itu seharga 3.1jt (dilihat dari lazada oleh pihak bea cukai) dan harus bayar pajak hampir 500 rb an. Sementara saya tidak mempunyai invoice pembelian, Krn itu hadiah. Saya kurang terima krn pihak bea cukai membandingkan hrg tersebut dengan hrg aslinya.dan mereka meminta chapter percakapan saya mengenai harga itu barang. Nah apakah bisa jadi penentu chapteran teraebut dgn hrga real? Bs saja kita bilang itu harga barang kurang dri $100 melalui chat. Klu ada pengalaman sama mohon dibantu

    BalasHapus
  20. Saya dapat kiriman paket dari korea berupa kosmetik. Klu dirupiahkan itu seharga 3.1jt (dilihat dari lazada oleh pihak bea cukai) dan harus bayar pajak hampir 500 rb an. Sementara saya tidak mempunyai invoice pembelian, Krn itu hadiah. Saya kurang terima krn pihak bea cukai membandingkan hrg tersebut dengan hrg aslinya.dan mereka meminta chapter percakapan saya mengenai harga itu barang. Nah apakah bisa jadi penentu chapteran teraebut dgn hrga real? Bs saja kita bilang itu harga barang kurang dri $100 melalui chat. Klu ada pengalaman sama mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh sama, tapi punyaku baru dikirim minggu depan. Itu punya situ gmn? Bagi pengalaman nya dong, buat nerima paket nanti😅

      Hapus
  21. Baru sekitar seminggu lalu sya dapat paket berisikan iphone 7 beserta kalung emas dan jg tas branded kalo di taksir sih mungkin semuanya bisa mencapai harga 20 jt an nah lalu sya di telfon oleh petugas bea cukai ngurahrai bali ( ngakunya ) untuk membayarkan pajak paket tersebut sebesar 6,5 jt rupiah apa ini termasuk penipuan ?? Saya sih bisa sja membayarkan tp sya sangsi karena orng yg mengirimkan brng itupun baru kenal dan hanya sekedar chat.

    BalasHapus
  22. bener bngt tuh mbk, kalau barang yg kita terima dari LN pasti kena pajak impor, nah itu yg kadang-kadang mahal. ditiap negara pasti punya peraturan sendiri ttg pajak masuknya.

    dulu aku jg pernah kirim keluar negeri pake SF Express

    BalasHapus
  23. Saya dapat kiriman Dari America berat 5.6 kg.....harus membayar ijin pajak 1800dollar...apakah harus seperti itu peraturannya

    BalasHapus
  24. Saya mendapat kiriman dari orang yang baru saya kenal,saat mengirim paket dia sudah memberikan no resi kpda saya dan menyuruh saya mengecek sendiri sudah sampai dimana paket tersebut, tapi saat paket sampai di jakarta, ada yang menelepon saya dan meminta saya membayar pajak tetapi tidak menggunakan no kantor,saya takut ini penipuan
    Tapi apakah yang melakukan penipuan orang yang mengirim barang tersebut atau dari pihak yg terkait di indonesia..??

    BalasHapus
  25. Saya mendapat kiriman dari orang yang baru saya kenal,saat mengirim paket dia sudah memberikan no resi kpda saya dan menyuruh saya mengecek sendiri sudah sampai dimana paket tersebut, tapi saat paket sampai di jakarta, ada yang menelepon saya dan meminta saya membayar pajak tetapi tidak menggunakan no kantor,saya takut ini penipuan
    Tapi apakah yang melakukan penipuan orang yang mengirim barang tersebut atau dari pihak yg terkait di indonesia..??

    BalasHapus
  26. Saya juga baru dapat hadiah dari teman katanya berharga berupa tas,sepatu dan perhiasan pas sampai Indonesia kena pajak 7 juta dan ada potongan 3 juta dan saya harus wajib bayar 4 juta apa ini juga penipuannya...kenapa ya mengatasnamakan yang sang khalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa membantu

      https://www.exppoin.com/2017/09/bahaya-penipuan-kiriman-paket-dari-luar.html?m=1

      Hapus
  27. Saya dapat kiriman dari luar negeri saya di minta bayar pajak 9 juta saya bayar, mereka minta bayar denda 20 juta saya bayar,setela saya bayar semuanya mereka minta uang keterlambatan 80 juta,apa ada aturan yang seperti itu?

    BalasHapus
  28. Ini pasti penipuan,orangka yang seperti ini harus di beri pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya,klo org yg baru dikenal ngirimin kita sesuatu,jangan gitu aj percaya,logika aj,emg kita sendiri mao ngasih2 sesuatu ma org br kita kenal? Palagi blom pernah vc

      Hapus
    2. Intinya,klo org yg baru dikenal ngirimin kita sesuatu,jangan gitu aj percaya,logika aj,emg kita sendiri mao ngasih2 sesuatu ma org br kita kenal? Palagi blom pernah vc

      Hapus
  29. Sy akan mendapat kiriman barang dan sedikit uang/ sy ngga tau berapa jumlah uang yang dikirim. Tapi dia meminta sy membayar tip bandara6 juta.
    Apakah ini penipuan

    BalasHapus
  30. Thanks for info https://bit.ly/2AQmRI0

    BalasHapus
  31. Mungkin buat yang tertipu2 kalau isinya ada laptop, hp dan lain2 sama saya juga namun saya menghiraukan saat disuruh bayar extra charges nya
    Dan saat saya liat2 di web, ini ada penipuan yang terkenal dan ciri2nya mirip dengan saya. Mngkin bisa membantu kalian2

    https://www.exppoin.com/2017/09/bahaya-penipuan-kiriman-paket-dari-luar.html?m=1

    BalasHapus
  32. Saya baru dapat kabar tadi,sy dapat kiriman dari london sudah sampai di indonesia tepat nya di maluku.Saya di tlpn biro jasanya katanya paket saya kalau ingin sampai rumah harus bayar pajak 7,5 juta rupiah.isi paketnya perhiasan,laptop,hp,jam tangan,sama parfum.bener gak sih pajaknya bisa mencapai segitu.mohon bantuannya saya orang awam jadi gak tau

    BalasHapus
  33. Saya baru dapat kabar tadi,saya dapat paket kiriman dari london dan sudah sampai di indonesia tepatnya di maluku.td jasa pengirimannya tlpn saya,saya harus bayar pajak 7,5 juta rupiah.apa benar pajaknya bisa mencapai segitu.isi paketnya perhiasan,laptop,hp,jam tangan,sama parfum.Saya tidak punya uang buat bayar pajaknya.tolong bantu saya saya orang awam tidak tahu tentang ini.takut nya ini penipuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini anda kena cukai berapa? Apakah barang sudah terima?

      Hapus
    2. sama dengan oengalaman saya , sekarang saya harus bayar local fee nya $1650, atau 24jt dirupiah, bagiamana menyingkapi betul atau enganya itu, memang ada barangnya atau tidak, saya tidak dapat melacak

      Hapus
    3. sama dengan oengalaman saya , sekarang saya harus bayar local fee nya $1650, atau 24jt dirupiah, bagiamana menyingkapi betul atau enganya itu, memang ada barangnya atau tidak, saya tidak dapat melacak

      Hapus
    4. sama dengan oengalaman saya , sekarang saya harus bayar local fee nya $1650, atau 24jt dirupiah, bagiamana menyingkapi betul atau enganya itu, memang ada barangnya atau tidak, saya tidak dapat melacak

      Hapus
  34. Klo saya sih udah sering banget dapet kiriman dr LN, tapi ga saya hiraukan, intinya saya ga mao kluar uang untuk sesuatu yg blom pasti! Scammers bertebaran dimana2!

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Sebelumnya saya kenal via medsos orang LA amirika. Dy mau kirim ini dan itu. Setelah beberapa hari saya di tlp orang indonesia katanya dari bea cukai. Trus saya di suruh bayar 7juta rupiah. Bisakah di percaya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami hal yang sama.apakah ini penipuan?

      Hapus
    2. Hari ini saya di kirim in pket dari Inggris dan di dlm nya berisi uang laptop hp tas dan sepatu . tetapi dri pihak bea cukai btamB meminta membayar pajak sebesar 7 JT jdi saya bingung ini penipuan apa benar tidak

      Hapus
  37. Saya juga dapat paket dari U.K hari ini dan tadi ditelepon oleh perusahaan pengiriman itu dan disuruh bayar pajak sebesar 8juta rupiah, dan batas waktu pembayaran itu cuma sampai jam 2pm dan saya ditelepon jam 10am kira2 uang 8juta itu kecil apa? Dan saya juga masih sekolah, jadi saya mau nanya jika saya tidak membayar pajak sebesar itu apakah barang tersebut akan tetap dikirim atau dikemanakan barangnya?

    Please balas yah😊

    BalasHapus
  38. FOB BC thn ini brapa ya?
    Setahu saya dr 100 USD jadi 75 USD benarkah?
    Tapi kenapa tgl 31/01/2019 sya dpt kiriman dari china, SOB BC nya cuma 50 USD?
    Apakah ada perbedaankah tiap barang kiriman?

    BalasHapus
  39. Teman saya mengirimkan beberapa barang dari London dan diberitahu pihak expedisi sana bahwa penerima di indonesia harus bayar sekitar $500 dan teman saya berusaha menyelesaikan pembayaran biaya pengiriman dan bea cukai agar penerima tidak perlu membayar lagi tapi untuk bea cukai tidak bisa dan harus di bayar pihak penerima... apakah memang seperti itu?

    BalasHapus
  40. kalau saya langsung saya adukan ke bagian pengaduan bea cukainya min, soalnya ini saya baru kena kayak gitu juga tp alhamdulilah allah masih melindungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengadukanyaa gimana ya ka soalnya sayaa juga suruh bayar $1500

      Hapus
    2. Prosedur pengaduan nya harus kemana ya? Bisa bantu jawab kab
      Saya akan dapat kiriman dari teman di London, dia bilang akan kirim kado dan dua hari lagi akan sampai, tapi setelah dua hari kemudian ada nomor wa yang menghubungi saya mengatas nama kan dari jasa pengiriman barang tapi dengan nomer pribadi, tapi di cek kode nomer negara nya +886 itu dari Taiwan. Setelah saya konfirmasi kalau ada yang menghubungi saya untuk melunasi paket yang kena bea cukai sebesar 6jt katanya saya harus segera melunasinya dan dia baru bilang kalo ada sejumlah uang juga yang dia selipkan di amplop tanpa menjelaskan sebelum nya, menurut saya ini gak masuk akal gimana bisa nyelipin amplop di pake yang mau dikirim, saya terus dipaksa untuk melunasi nya kalau tidak barang nya diambil perusahaan. Setelah saya jelaskan saya tidak bisa melunasinya dan saya bilang saya gak tau apa yang dia kirim dan saya gak tau bukti pengiriman nya, dan dia malah bilang saya gak percaya sama dia. Padahal yaa setengah gak percaya. Saya gak minta hadiah tau tau dikirim Hadiah dan saya harus bayar kan itu gak mungkin bagi saya karena saya gak punya uang sebanyak itu apalagi sekarang lagi pandemi, tapi saat dia belanja itu dia kirim video kalo lagi belanja dan bahkan waktu kirim barang nya dia sempet foto barang nya yang ada didalam bagasi mobil, dan disamping mobil dia itu ada mobil kurir jasa pengiriman barangnya. Ini penipuan atau apa yaa? Bantu jawab semua 🙏🏻

      Hapus
    3. Nah tambahan, dan set lah saya tanya sama si kurir gimana saya harus menyelesaikan nya dia bau kirim nomer rekening dan nama (tapi rekening BRI atas nama sis zainah) agak kaget namanya orang Indonesia dan bank Indonesi

      Hapus
  41. saya sempat takut kalau bermasalah juga,,, tapi setelah baca website yang banyak penipuan, saya langsung cri informasi terkait kantor bea cukai utk memudahkan proses pengaduan

    BalasHapus
  42. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  43. Kak ratih mau nanya donk Kalau dapat kiriman barang dari luar negri ( USA ) berupa documents ( surat untuk mengurus pernikahan dan sy dpt pemberitahuan by email dan katanya barang tersebut sdh sampai di Indonesia dan sy di haruskan membayar 5jt agar sy bisa menerima barang tersebut, apakah benar kalau kita menerima barang yg hanya documents di di kenakan bea ⁉️.
    Trimakasih untuk info nya

    BalasHapus
  44. Hallo guys
    Saya Mendapat Kiriman Barang Dari Los Angeles California USA melalui PJT RayasGlobalexpress 2 Hari sampai di Indonesia Saya ditelpon untuk membayar 10 juta Oleh PJT hanya dengan Melihat Schedule dan Invoice Number Karena ppnnya belum kluar
    Apkah ini Benar?
    PJPnya
    Alur masuk Barangnya g mna

    Mohon Bantu jawab Ya
    Terima Kasih

    BalasHapus
  45. Aku ndak mau nanya,,,,,dn ndak ada pertanyaan

    BalasHapus
  46. Kakak saya ulang tahun, temannya kirimin kado dari Canada, berupa tas dan baju, klw di uangkan lbh dr $100, apakah akn kena beacukai? Karna ini berupa kado, klw di tolak kita gk enak, tapi klw namanya kado tapi musti kita tebus beacukai nya kan gmn gitu kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga dapet kado..katanya sih 70$ ,,kira kira ad pajak berapa ya..sedangkan namanya kado kita ga punya bukti pembelian

      Hapus
  47. Saya tanggal 10 mei kemarin..dapat kiriman kalung sama cincin 2 biji..memang sebelumnya dari tahun kemarin sudah ngbrol lewat skype..dia juga sudah ngasuh resi..tanggal 23 mei barang sampai di kantor pos solo..tapi ga tahu kenapa sampe tanggal 30 masih nangkring di customnya..akhirnya saya ke kantor pos tgl 1 juni..bagian bea cukai udh libur lebaran,dan mereka bilang sudah ngirim surat panggilan ke saya..tapi saya ga merasa menerima..
    Saya ga ad bukti pembelian karena itu hadiah..tapi kira2 saya kena pajak ga ya..

    BalasHapus
  48. Klo kita dapat kiriman barang dari us tapi kondisinya bekas, bisa nggak ya?

    BalasHapus
  49. Mau tanya dong.
    Sya dapat kiriman paket dari london.senilai 25.000$.
    Dan katanya besok pagi barang nyampe tapi harus bayar 300$.
    Itu paket dapet kiriman dari orang yang baru kenal d fB namanya Yahaya anda.
    Apakah ini termasuk penipuan??

    Tolong jawabannya.apa yg harus saya lakukan.mohon bantuannya gan...kalo besok tuh paket Dateng gimana ya... sedangkan saya gak punya uang segitu buat bayar paketnya..��

    BalasHapus
  50. Temen temen saya mau tanya pacar saya mengirim hadiah untuk saya dari finlandia
    Bagaimana saya mengetahui paket tersebut udah nyampe di indonesia atau belum dan kata pacar saya saya harus membayar 500 dolar atau sekitar 7juta bagaimana apa itu aturan nya krn saya blm pnh menerima dr luar negeri..

    BalasHapus
  51. Bener sich gan setiap dapat bingkisan dari luar negeri kita diwajibkan bayar cukai yang sangat besar sekali tidak sesuai dengan nilai barangnya sy disuruh bayar 1000 dolar setara dengan 14 jt rupiah klo tidak bayar barang tidak bisa dikirimkan saya minta bayar setelah saya menerima paket tersebut mereka blg tidak bisa ini bukan penipuan apa gan...

    BalasHapus
  52. Ini praktek yg beginian harus diberantas meminta cukai yg berlebihan supaya tidak berjatuhan korban lebih banyak lagi wahai aparat keamanan tolong berantas oknum yang seperti ini

    BalasHapus
  53. Saya dikirimi hadiah dr London, dari teman fb yg baru ku kenal dan ternyata isinya ada $30000, sy dimibta bayar 4juta ke perusahaan pngiriman (delta corea company), 8 juta ke pihak bandara agar paketnya dikirim dan sdh sy kasihkan duitnya loh tadi mau dikirim sy malah diminta bayar 6juta lagi tuk pemeriksaan dokumen. Ini penipuan? Tolong bantu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg tuh sma ,,ud kirim 2 jt mlah sruh lunasi lg 5 jta,,,kn ibliss nm ya

      Hapus
  54. Saya juga baru kena masalah ini, ada teman saya mengirim saya kain , sepatu dan uang untuk amal , dan barangnya seberat 15 kg, tapi pihak kurirnya minta jasa sebesar 700 us dollars, dan jika barang tidak segera di bayar malah nambah biaya permalam 150 us dollars, apakah ini juga penipuan karena chat menggunakan bahasa inggris dan kemarin dikirim no rekening tapi di transfer lewat bank BNI , lalu karena saya tidak punya uang mereka menurunkan harga jadi 500 dollars. Sampai sekarang belum saya bayar karena tidak punya uang segitu. Lalu apa yang harus saya lakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tidak bisa kita kembalikan saja kepada yg bersangkutan mbk

      Hapus
  55. Aku mendapat Hadiah dari inggris tetapi aku harus membayar pajak terlebih dahulu baru barang dikirim ke alamat saya.
    Mohon infona

    BalasHapus
  56. Saya juga baru akan menerima paket, tapi paketnya blum sampai ketangan saya, saya sudah diinformasikam oleh teman yg ngirim dari UK untuk bayar bea ke kurirnya, apakah ini modus penipuan ya? karna teman yg ngirim itupun baru saya kenal beberapa hari dari media sosial hanya sebatas chat.

    BalasHapus
  57. Saya juga baru akan menerima paket, tapi paketnya blum sampai ketangan saya, saya sudah diinformasikam oleh teman yg ngirim dari UK untuk bayar bea ke kurirnya, apakah ini modus penipuan ya? karna teman yg ngirim itupun baru saya kenal beberapa hari dari media sosial hanya sebatas chat.

    BalasHapus
  58. Mau tanya...saya dpt kiriman dari tmn di luar negri..katanya barangnya sudah sampai Jakarta terus ada yg nelepon dari JNE ,katanya harus bayar 5jt atau setengahnya dulu baru barang bisa dikirim...itu penipuan apa bukan

    BalasHapus
  59. Penipuan ..sejenis kelompokkan

    BalasHapus
  60. Saya di sumatera utara tepatnya di tanjung balai saya dapat kiriman dari london tas, hp perhiasan dan uang 25000 pons tpi katanya saya di suruh bayar 3 juta. Pertanyaannya apakah ini penipuan?

    BalasHapus
  61. Penipuan murni dahh jangan percaya sm bule penipu / Scamer

    BalasHapus
  62. Aku juga mengalami hal yang sama apakah ini penipuan. Apakah yg harus di lakukan. Apa lapor ke Pos terlebih dahulu utk konfirmasi lebih lanjut. Karena si bule seperti serius tidak berbohong. Tapi membaca artikel yg diatas sama dgn kejadian ku. Barang baru di kirim kan. Dan apa mungkin uang bisa di satukan dengan paket tas perhiasan. Tolong apa yg harus ku lakukan jika ini penipuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama ya seperti saya .. saya juga bingung ini

      Hapus
  63. Ini lah yang sekarang lagi aku rasakan sis sekarang paket aku dari us tertunda di malaysa karena harus membayar pajak 500us aku jadi bingung

    BalasHapus
  64. Kemarin hari jumat saya mendapatkan paket dari london, tapi saya harus menanggung biyaya sangat mahal kalo di rupiyah kan menjadi,9juta kita bingung mau minjem mana akhirnya blm jadi ke ambil, paket udah sampai indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kasus begini apa tidak bisa kembalikan saja kepada yg mengirimnya MBK.cz AQ juga SMA baru dikirim paket dr LN

      Hapus
  65. Kemarin saya mendapat kiriman dari teman saya di USA, isinya HP, Uang, Tas dll saya disuruh membayar pajak 7,2 juta dan sudah dibayar kemudian dokumen bebas money Loundry, 25,5 juta saya membayar setengah dan teman saya di USA membayar setengah setelah selesai pembayaran agar bagang keluar dari gudang harus membayar overstay sebesar 10 juta dan saya baru bayar 5 juta kalau sudah melakukan pelunasan baru barang dikirim dari Jakarta dan terima di Manado..mohon info kenapa biaya overstay besar sekali lebih besar dari pajak...tolong pemerintah terkait mengatasi jasa pelayanan seperti ini...lebih mahal overstay dari pada tiket..Saya menyuruh teman saya yang mengirim tolong dipantau dengan benar..

    BalasHapus
  66. Saya dri bandung dan saya juga dapat kiriman dari malaysia yang isi nya tas baju hp dan uang tapi harus bayar pajak nya sebesar 1.000 usd apa kah itu penipuan ya soal nya besar sekali pajak nya ...mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  67. Saya dri bandung dan saya juga dapat kiriman dari malaysia yang isi nya tas baju hp dan uang tapi harus bayar pajak nya sebesar 1.000 usd apa kah itu penipuan ya soal nya besar sekali pajak nya ...mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  68. Saya dari Sumedang, dapat kiriman paket dari UK London, katanya barang sudah sampai di Bali, tapi harus ditebus 7juta rupiah baru barang dikirim, apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga begitu mbak.. kenalan sama temen di ig dari luar negeri, dia bilang mau kirimin saya paket berupa uang dll, dari pihak courier nya email saya dan mengirimkan foto nomer resi.. bbrp hr kemudian saya di tlpn sama cewek.. dia mengatakan bahwa paket nya sudah sampai di Jakarta, dan jika ingin paket sampai di rumah saya l, hrs membayar uang sebanyak 9 juta, penipuan kah ini ?

      Hapus
  69. Hello k , 16 nov kemarin saya diinfokan kawan saya yang ada di USA telah mengirim saya hadia berupa Ponsel, tas,baju, perhiasaan dan lain-lain Seberat 28 kg , dan saya juga mendapat email dari perfect express tentang koda pengiriman tersebut , dan kawan saya memberitahukan bahwa saya akan dimintai biaya lokal , apakah itu penipuan ya

    BalasHapus
  70. Sayapun begitu saya di minta 5 jt,masalahnya saya ngga pernah dpt paket dari luar negri.saya bilang kekurir saya ngga mau bayar paketnya karena saya ngga punya uang.saya minta tolong balikan paketnya dari pengirimnya.saya pikirsaya hanya penerima namanya jg hadiah masa di bebani biaya jg.orangnya main kirim aja paket dari luar negri tanpa infokan ke saya terlebih dahulu klu si penerima harus kena beban biaya.Dari awal sipengirim info terlebih dahulu saya ngga akan mau nerima dan jgn dikirim.saya harus apa????

    BalasHapus
  71. Saya mau tanya
    Saya kan ada kiriman hp dari teman di Amerika
    Berapa kah saya harus bayar nya?

    BalasHapus
  72. Saya mau tanya juga ni, ada teman saya di jerman kirim koper, kopernya ada 2,dia kirim ke Indonesia karna mau titip ke saya,tadi kopernya sudah sampai ke Indonesia, saya ditelvon perusahaan pengiriman mgkn bea cukai, saya disuruh bayar, tp ga tau brapa ga jelas juga, saya bingung saya harus gimana,Saya jan ga pesen barang dr luar negeri ini krn saya cuma terima koper saja dr kantor pengiriman isinya baju dan uang dollar kalo saya ga bayar, kopernya akan ditahan 1X 24 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
  73. wah sangat sulit y.. sya baru sja mendptkan hdiah dr teman dkat sya d austria brang2 yang lmyan ok lah tp sya sngat berat krna hrus mmbyar biaya cukai 5 juta apa tidak bsa kurang y hahahah ��

    BalasHapus
  74. Saya Dari Bandung juga dapat hadiah Dari cwo Korea kenal di ig mengirimkan barang. TDI page Ada pembwritahuan pakte sudah sampai tapi Harus bayar 10 JT gile uang Dari Mana sebanyak itu jadi ini penipuan jadi saya ga MW transfer uang. APA saya laporkan saya ke polisi tuh kurir ia yg minta uang 10 jt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
  75. Mba mau nanya saya dapat kiriman dari Yordania iPhone 7 ini pertama kali saya di kirimi barang biasanya dia pas ke Indonesia baru bawain cuma kali ini dia gk bisa ke Indonesia jadi melalui pengiriman kira2 untuk iPhone 7 biaya cukai nya brapa

    BalasHapus
  76. Barusan saya suruh byar 10jt,mang y aku bodoh apa,cp yg mau byar 10jt buat ank aja uang y

    BalasHapus
  77. Aku dapet kiriman dari temenku di London berupa hp laptop kalung jam tangan tas terus katanya didalemnya ada uang nya juga,truss ada orang chat aku katanya paketnya udah nyampe di bali and gwe suruh bayar se banyak 7 juta,uang nya suruh nransfer gakmau tunai,ini penipuan bukan??

    BalasHapus
  78. Aku dapet kiriman dari temenku di London berupa hp laptop kalung jam tangan tas terus katanya didalemnya ada uang nya juga,truss ada orang chat aku katanya paketnya udah nyampe di bali and gwe suruh bayar se banyak 7 juta,uang nya suruh nransfer gakmau tunai,ini penipuan bukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
    2. London lagi, hahaha tapi gak mungkin kan ada org nyelipin duit di amplop apalagi perjalanan jauh

      Hapus
  79. Sama persis dg saya..sy suruh bayar 5 juta hari ini untuk paket yg dikirim dari las vegas katanya barangnya ada di bali...hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
  80. Saya Jg mengalami hal yg sama dengan tmn2,Saya jg punya pket disruh byar 3 Juta,Tp bgmn cara ceknya Apkah benar paket ada dikurir atau hanya sebatas penipuan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
  81. Saya juga ngalamin sekarang, jadi temenku d California mau ngirimin aku beberapa baju, perhiasan, n iPhone katanya... Biaya kirimnya 2500 dollar USA.. seharga 35 jt an.. ternyata ada biaya perawatan paketannya.. 15 jt an.. ini juga penipuan atau gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

      Hapus
  82. Hai. Mau bantu jawab semua pertanyaan diatas. Untuk mencegah penipuan bisa lacak biaya pajak di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman masukin tracking numbernya. Kalo emng ada biayanya nanti tertulis disana proses pemeriksaan barang kiriman dan bayarnya bisa di kantor pos.

    BalasHapus
  83. saya beli koin hanya 2 dollar saja kena pajak 8 rb, padahal sudah ratusan kali beli barang dari aliexpress tak pernah disuruh bayar, sampai tableb 99,9 dollar juga ngak ada bayar sesen pun! kemarin terima paket harga 2 dollar malah disuruh bayar 8 rb!

    BalasHapus
  84. Saya dapat kiriman hadiah dari london nyampe nya katanya besok hari kamis tp saya harus membayar sekitar 7 juta ke perusahaan di dlm paket ada tas,uang sekitar 10000 USD ,kalung,gelang ,dompet apakah ini penipuan atau apa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kyk yg saya alami,apakah tidak bisa kita kembalikan/tolak aja ya MBK 26 February 2020?

      Hapus
    2. London lagi London lagi, 10000usd itu banyak bgt loh kalo dirupiahin coba cek aja, itu yg ngasih baik bgt dong

      Hapus
  85. Kalo kita gak bisa bayar boleh minta kirim balik ke pengirim di liar negeri kak.??
    Apa bisa bayar dengan dollar???

    BalasHapus
  86. saya perna dapat kiriman tapi ,setelah brabng sampai dibandara ,minta biaya pajak 8 jt rupiah alangkan banyaknya ,ini kejahatan internasional .jadi saya minta para pejabat yg berwenang utk di tindak.mesti nya barang kiriman itu ditangung oleh pengirim,terimakasih

    BalasHapus
  87. Kak saya mau tanya nih. Saya baru2 kemaren menang giveaway Handphone dari luar negeri. Saya tanya ke (dia), katanya free shipping/gratis ongkir. Saya juga udah tanya ke dia, bukannya kalo masuk ke Indonesia kena pajak ya? Dia bilang, tidak, ini bebas pajak.
    Apakah itu benar kak? Mohon jawaban & penjelasannya :)

    BalasHapus
  88. Hai,saya juga baru berkenalan sama seseorg di online instagram, ngmngnya sih asik, eh pas hari paskah itu dia bil mau kirim hadiah paskah utk ku,nah aku td nya uda nolak,to dia bil itu dari hatinya terdalam buat saya, jadi aku uda beri alamat dan dia kasih aku aw bill nya biar aku tracking sendiri, nah ini termasuk penipuan ga ya,soalnya dia bilang dia kasih aku Items, 5 jeans, 5 shirt, 1 gold nick chain, 2 wrists
    watch, 1 iPhone, 3 perfume, 2 shoe, 1 canvas, 3 hand bag, 5 chocolate....

    Menurut kakak, ini termasuk penipuan atau gak ya...aku jadi takut...brgnya baru di kirim hari ini...mohon bantuannya ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kelanjutan nya gmn? Saya jg dpet knlan dr ig dy kirim barng2 mewah gt. Pdhl aku ga mnta. Trs nya nnti ada pajak 7jt. Hadehh..

      Hapus
  89. saya baru alamin hal ini,tdi pagi ditelp perempuan,bilangnya paket tertahan di bali dan harus bayar pajak 10juta krna isi paket barang berharga.saya tanya bayar kemana dia kasih rek pribadi bni.dan begitu saya bilang ini kan hadiah dan bukan beli knpa saya kena pajak.ga direspon lagi sma mba nya.tp saya sblmnya dikirim resi pengiriman yg sebutkan isinya perhiasan,tas,parfum beratnya 14,2 kg .kiriman asal london,inggris,apakah ini penipuan ya? tolong dibantu.thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modus bgt kan, alasan nya dari London lagi, Sama lagi, yaudh fix ini penipuan

      Hapus
  90. dan setelah saya infokan ke pengirim kao saya dimintain bayar 10'juta saya bilang aja untuk pengirim minta kirim balik aja,kata pengirimnya bisa nego,lalu dia nyuruh bayar 3 juta aja.dia ssh hub agent dia disana.saya lebih bingung lagi dri 10 juta langsung ke 3juta

    BalasHapus
  91. Sama aku juga akan di beri hadiah oleh bule dari amerika berupa hp, laptop, dan lain lain tetapi barang nya sudah sampe di indonesia dan saya di beritahu saya harus bayar $1520 atau setara 24jt baru paketan bisa di kirim kalau kita engga bayar paket nya akan di sita dan tidak bisa di kirimkan kembali kepada ke pengirim,, mauu nanya ini bagaimana yaa apa penipuan?

    BalasHapus
  92. Tadi pagi saya terima tlfona dari ekspedisi banadara bahwa ada paket untuk sya dri london tapi saya harus bayar bae cukai sebesar 7 jt.apa itu benar? Mohon pendapat nya

    BalasHapus
  93. Saya dapat hadiah juga dari teman saya yg di luar negeri.tapi saya belum dapat surat atau pesan dari pengirim.dan saya malah di suruh pergi ke kantor kurir.karna saya bingung mau kemana jadi saya meminta bukti pengiriman. apakah tidak ada slip yg di keluarkan saat pengiriman di luar negri? Soalnya dia takut karna paket itu isinya tas,sepatu,emas,dan lain" serta uang yg di simpan nya 20rb USD. APAKAH menurut kalian ini bohong atau tidak? dia mengatakan aku hanya membayar uang bea masuk atau lokal jadi dia meletakkan uang itu di dalam.menurut kalian bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba ceritanya, dan nanya pihak bea cukai gak ada beban biaya bea cukai yang masuk ke rekening pribadi, karena pasti langsung masuk ke kas negara jadi kalo ada bentukan minta bayaran tapi rekening pribadi namanya penipuan

      Hapus
  94. Saya juga kemarin saya mendapat kan hadiah dari London. D dalam nya baju celana. Jam tangan emas kalung emas dan hp ipon.da tadi pagi saya d telpon pihak bandara harus membayar pajak 8 juta dan c turis juga maksa harus bayar setengah nya dulu .apakah ini penipuan atau bagai mana perlu pencerahan nya. Bagi yg berkenan menjelas kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudh ini lagi lagi ceritanya sama dari London juga

      Hapus
  95. Kayanya emang lagi pada hype lagi ya penipuan model temen dumay ngirimin gift ke kita yg katanya berisi barang2 mahal, dan sejumlah uang. Saya barusan mengalami hal sama. Katanya dia mau kasih hadiah ulangtahun ke saya; cuma karena emang awam banget sama pajak, saya cuma pesen ke dia buat kirim kado yg simpel2 aja, kirimin postcard aja juga udah seneng sayanya. Eh beberapa jam kemudian dia kirimin foto gift yg katanya bakal dia kirim ke saya; potonya barang2 mahal dr parfum, tas, hape, bahkan dia juga nyebutin merk jam, juga laptop tanpa foto. Selain itu, dia juga kirim gambar 2 koper, katanya isinya duit. Waktu dia kirim foto2 tadi sebenernya udah rada curiga, kayak nyomot dari gugel doang. Akhirnya saya marah2 sama dia, saya bilang kalo saya gak punya uang semisal harus bayar pajak barang2 itu. Awalnya dia bilang saya gak bakal diminta bayar apa2, tapi karna saya marah2 dan kebanyakan ngotot, dia juga bilang kalo ekspedisinya gak bakal minta banyak, dan dia merayu2 saya buat percaya dengan dia. Oh iya, dia juga udah kirimin resi pengirimannya gitu, tulisannya sih t*n*t, tertera alamat webnya juga, tapi setelah saya coba akses alamat webnya gak ditemukan. Akhirnya saya coba gugling aja pakek nama ekspedisinya, ternyata emang ada, tapi alamat webnya beda sama yg tertera di resi dia kasih sebelumnya. Saya coba masukkin nomor barcode resinya, eh ketemu; tapi tulisannya itu paket udah kekirim dari china ke australia bulan april kemarin. Kecurigaan saya makin kuat dong. Akhirnya saya iseng buat ngegugling nomor barcode resinya aja. Ternyata resi GD307725033WW ditemukan, dan itu cuma sample nomor barcode resinya doang; plus ada contoh semacam resi kosongnya gitu. Akhirnya karena yakin dia scammer, saya block dan report akunnya. Apa kalian mengalami hal yang serupa? Keputusanku buat langsung block, dan report itu menurut kalian benar gak? Jujur masih rada khawatir juga semisal bener apa yg tu lakik bilang kalo paketnya bakal langsung diantar ke alamat.. tapi kayaknya sih enggak ya.. sempet iseng search by image gambar gift yg dia kirim sebelumnya di google, dan hasilnya gambar tersebut comotan dari pin*terest..gimana gaes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ceritanya kira kira gitu, tapi yaa tetep intinya modus, siapa aja bisa ambil gambar dimana aja dan kapan aja yg penting harus hati hati dan gak mudah percaya sama org baru

      Hapus
  96. Saya baru ini katanya dapat kirim paket dari luar negeri saya gak tau apa isi paketnya itu
    Dan dari jasa pengiriman minta daya membayar uang biaya bea cukai besar 15 juta
    Dan saya bila daya gak punya uang sebesar itu , saya bilang minta kepada pihak pengirim
    Dan pihak pengirim bila kepada saya kalau saya tidak membayar saya akan di penjarakan apa benar

    BalasHapus
  97. Saya diberitahukan akan menerima paket dari seseorang di London .
    Dan saya harus membayar 8juta sebagai pajaknya.Dan orang yang menelpon saya dari nomer ponsel.
    Serta pembayaran di transfer ke rekeninh pribadi bukan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bgt ya modus dari londLo tuh ternyata

      Hapus
  98. Bocoran Untuk Menjadi Penjudi Profesional Yuk Gabung Disini aja.. Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari!!!

    BalasHapus
  99. saya baru ini dapak kirim paket dari inggris yang isinya laptop, perhiasan, tas dan sejumlah uang. trus saya menerima telpon, katanya saya ada kiriman paket dan harus bayar adminitrasi nya 18 juta. apa daya saya tidak punya uang. apakah ini penipuan?

    BalasHapus
  100. Saya dapat paket dari sabat dubay dari London HENRY C . setelah itu saya dapat telepon dari Batam paket Uda transit di Batam kena biaya coustome sebesar 7 jt gimana kalau saya tidak ngirim uang itu

    BalasHapus
  101. Aku hari ini pagi jam 9dpt telp dr bandara bali. Dia bilang ada paket dr Rusia mmg benar ada teman yg kasih aku hadiah dia. Trs org yg dari bandara itu minta aku bayar 6jt untuk bisa ngirim lg ke alamat aku di samarinda. Dengan batas waktu jam 4 sore dia telp pk no pribadi. Agak siang sya telp balik yg jawab laki-laki dengan logat bule dgn no telp yg sama yg pagi td telp. Aku tanya bisa bahasa Indonesia dia jawab tidak bisa. Trs dia putus telp aku. Tidak lama ada telp masuk no yg sm sy angkat trs yg telp ibu yg pagi tadi dia bilang laki-laki td itu suruhan dr luar negeri yg bw paket sy itu.dan teman sy maksa sy lo buat bayar pajak yg 6jt itu sampai 2saya di suruh pinjam. Untung sy Liat2google tentang paket dr luar. Alhamdulillah sy gak transfer. Karena buat sy 6jt itu byk aplg zaman Corona gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong modus nya terus nominal nya juga sama

      Hapus
    2. Kalo kasus kaya gini,jawab ke yang nelfon gimana ya?

      Hapus
  102. Saya dapat kiriman dari teman chat saya dari usa.. Didalam sana ada handphone tas perhiasan dan uang... Tapi katanya saya harus bayar 14 jt apa bisa paket nya d'bongkar dan uang didalam nya d'ambil buat bayar pajaknya

    BalasHapus
  103. Saya mau tanya,saya baru di kirim hdia dari teman saya dumai yg di amerika,,dia bilang nanti barang suda masuk ke indo,kamu bayar pajak nya,,apa itu benar

    BalasHapus
  104. Saya baru dabet paket dari teman saya yang berada di luar negri saya harus membayar pajak 18 juta ,apakah itu benar

    BalasHapus
  105. Hari ini saya mendapatkan paket dari paris dari kawan dumay,tapi saya harus membayar 8 juta,kemudian dy bilang lg berapa anda punya uang,saya jawab aj 300 si petugas bilang tidak apa apa 300,apakah itu penipuan?mhon penjelasan

    BalasHapus
  106. Halo, selamat siang, Mbak Ratih.
    Saya dapat paket dari LN dan diminta membayar sejumlah uang untuk pajak. Sebelumnya pengirim di LN sudah membayarnya via ems. Apakah saya tetap harus bayar pajaknya? Terimakasih

    BalasHapus
  107. Aku barusan menang giveaway iphone dari luar negeri, tapi saya dimintain biaya pengiriman 30$, aku bngung antara harus nerima atau engga? takutnya ternyata ada pajak atau bea cukai nya? ada yang bisa bantu jawab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya barusan dapat kiriman paket,cincin, tas, dari jerman, saya harus membayar 8jt dulu baru bisa menerima barang itu, saya takut ini penipuan. Tolong mbak ratih🙏🏻

      Hapus
  108. Saya ada paket kan dia adalah teman saya yang berada d Inggris tapi teman onlen tapi dia menyuruh bayar biaya cukai sebesar 500 pounds mohon bantuan nya

    BalasHapus