Kamis, 05 Juli 2012

Tentang Utada Hikaru (Japan Singer)

wajahnya kaya astrid ya

Hikaru Utada (宇多田ヒカル Utada Hikaru ) atau biasa dipanggil  Utada, Hikki, Cubic U oleh penggemarnya adalah penyanyi Jepang yang terkenal yang juga merupakan salah satu bintang terbesar di Jepang dan saat ini sudah menjual lebih dari 40 juta keping CD. Dia lahir di New York City, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1983. Dan dia memulai karirnya sebagai penyanyi pada tahun 1993. Genre music Utada adalah  J-Pop, Pop, Ethereal Wave, R&B, Experimental, Rock, Dance, Funk, & Hip-Hop. Selain menjadi penyanyi, Utada juga memiliki pekerjaan lain yang masih berhubungan dengan dunia entertaintment yakni penulis lagu,Produser, Komponis, Arranger. Utada menguasai alat musik gitar dan piano.



Utada hikaru telah mengeluarkan 8 album dan puluhan single .Album tersebut diantaranya adalah Precious, First Love, Distance, Deep River, Utada Hikaru Single Collection Vol.1, EXODUS(album dengan bahasa Inggris) , Ultra Blue, This Is The One (juga dirilis di USA). Dan single-singlenya adalah Close to You, First Love, Prisoner of Love, Colors, Be My Last dan masih banyak lagi yang lainnya . Ia dikenal luas di negara lain berkat single "First Love". Lagu-lagunya telah berkali-kali menduduki peringkat pertama dalam tangga lagu Oricon.
Utada dikenal publik sebagai musisi yang dapat berbicara dalam dua bahasa dengan lancar karena ia dibesarkan di dua negara, Jepang dan Amerika Serikat. Dia juga dikenal oleh publik Amerika dengan nama 'Utada'. Utada menyanyikan lagu tema untuk video game berjudul Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II.


Lagu-lagu dan album Utada Hikaru berkali-kali mendapat penghargaan dari berbagai acara penghargaan di Jepang, serta pernah meraih penghargaan sebagai Top Japanese Artist dan Top Japanese Gold Song di Radio Television Hong Kong 19th International Pop Poll Awards tahun 2008.
Utada telah menikah dan berakhir dengan perceraian .Mantan suaminya, Iwashita Kazuhiro (yang lebih dikenal dengan nama Kazuaki Kiriya) adalah seorang sutradara yang merangkap fotografer. Kazuaki berusia berusia 15 tahun lebih tua dari Utada .Mereka menikah pada tahun 2002.Dan mereka bercerai pada Maret 2007 setelah 4 tahun lebih hidup bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar