Jumat, 04 April 2014

Arti Sebuah Penyesalan

Seorang anak telah masuk masa balighnya dan ia enggan menunaikan sholat sedang orang tuanya mengetahui, maka sang orang tua wajib memperingatkan. Kalo gak mempan juga, maka orang tuanya diwajibkan untuk memukul anak tersebut. Biar tuh anak nyesel, jera dan kapok buat ngulangin hal yang sama.
Diberitahu sekali, dua kali, tiga kali, sampe mulut berbusa tetep nggak mempan? Kata-kata kasar dan kotor hampir saja keluar. Tangan sudah geram ingin memukul. Dan kaki sudah gatal ingin menendang namun setelah dipikir-pikir nggak mampu melakukan itu? Akhirnya lo cuma diam saja dan menunggu dia sadar, padahal besoknya dia mengulangi kesalahan yang sama?
That’s the problem bro.

Tipe orang beda-beda. Ada yang alim, diem, sama temen sopan. Ada juga yang cuek nggak peduli lo mau ngapain yang penting dia enjoy. Ada juga yang ngeribetin, tapi masih wajar. Ada juga yang ngeribetin, dan kurang ajar.
Lo bilang dia temen baik soalnya dia baik sama lo dan nggak protes sama apa yang lo lakukan sama dia, meski itu udah kebangetan. Lo bilang temen gak baik soalnya pas lo becandain dia ngambek, marah-marah dan diemin lo setahun. Gitu?
Gini, setiap orang pasti punya tuh ya, hal-hal yang disuka dan enggak. Ada kalanya dia tuh juga pengen kamu berhenti ngelakuin hal yang menurutnya gak pantes lo lakuin. Dia gak suka. Dia tersinggung. Dan lo gak peka.
Terkadang satu-satunya cara memberitahu lo, karna lo orangnya susah dibilangin dan dia-nya juga gak enak ngomong secara frontal takut kalo nantinya jadi lo yang tersinggung, ya, satu-satunya cara emang diemin lo biar lo ngerenungin dan ngerasain penyesalan . Dan parahnya, lo gak sadar. Dia-nya jadi serba salah juga kan.
Mau ngomong langsung, gak enak, takut lo-nya tersinggung. Mau diemin, gak sadar-sadar. Ya udahlah, dia akhirnya berpikir maafin lo aja deh, toh namanya temen buat khilaf itu wajar. Iya kalo dia-nya orang yang woles gitu.
Nah kalo dia berpikir, daripada ngingetin, negur tapi lo gak sadar, didiemin juga gak peka, dimarahin ntar ngambek, mending gak usah temenan aja deh. Dan dia secara pelan tapi pasti ngejauhin diri dari lo, gimana?

Terkadang orang kayak lo, yang susah peka-nya itu harus ditegur agak keras. Biar sadar. Biar bisa ngerasain galo-galonya ngeratapin rasa penyesalan. Ya, dia cuma pengen lo ngerasain itu. Kalo udah ngerasain penyesalan, kemungkinan lo akan lebih peka dan agak mikir (yah meski dikit sih haha :D ). Mikir apa? Ya apa yang pantes dan gak pantes lo lakuin. Itu sih. Makasih.

4 komentar:

  1. setuju deh sama kamu :D
    emang hidup banyak rasa...
    banyak sih, tapi rela bagi-bagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sepertinya gue tau siapa yang komen nih :D

      Hapus
  2. Misi ya mbak, itu mantan saya loh yang difoto. Bisa diganti ga sama foto saya aja? =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh mantan ya? sekarang lagi deketnya sama saya tuh :p betewe siapa ya mbak anonim ini?

      Hapus